Selasa, 28 Januari 2014

PERSIS Segera Miliki Perguruan Tinggi


Persis Segera Miliki Perguruan Tinggi



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, Persatuan Islam (Persis) sedang bersiap membuka universitas pertama pada tahun ini.
Sesuai rencana Universitas Persis ini akan membuka beberapa fakultas umum di samping Fakultas Agama Islam (FAI).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Persis, KH Maman Abdurrahman mengatakan sudah sejak lama Persis menantikan sebuah universitas.
Sesuai dengan amanat organisasi yang dipimpinnya. Universitas Persis ini berdiri di Ciganitri, Desa Cipagalo, Bojongsoang Kabupaten Bandung. 

"Saat ini proses pendirian sudah dalam proses pengerukan lahan dan akan dilanjutkan pembangunan fisik segera," ujarnya kepada
 Republika,Jumat (24/1).
Maman memperkirakan rencananya, pertengahan tahun ini peletakan batu pertama akan dilakukan sebagai permulaan pembangunan fisik. 

Ia mengungkapkan, beberapa hal yang masih perlu dipersiapkan adalah administratif, "saat ini Persis sudah memasukkan izin ke Kemententerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.
 

Persis pun telah menyiapkan anggaran pembangunan senilai Rp 100 miliar untuk pembangunan dan pengembangan pendidikan di lingkungan Persis.
 

Selama ini, kata Maman, Persis sebenarnya sudah memiliki sekolah tinggi, namun ini belum setingkat Universitas.
Sekolah tinggi yang dimiliki Persis tersebut sebagian hanya memiliki fakultas agama Islam dan tergabung dalam pengelolaan pendidikan di lingkungan pesantren. 

Namun tambah dia, Persis harus bisa memberikan peran mencerdaskan anak bangsa jauh lebih besar. Terutama membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia muslim yang berkomptensi dan memiliki daya saing global. Karenanya inilah yang mendasari perlunya Persis mendirikan Universitas Persis.
 

Ketua Bidang Garapan Pendidikan Tinggi PP. Persis, Badri Khaeruman mengungkapkan proposal pendirian universitas Persis di Kabupaten Bandung ini sudah dipersiapkan sejak 2012 dan diberi nama Universitas Persatuan Islam (Unipers).
 

Rencananya ada beberapa fakultas yang akan melengkapi universitas Persis ini diantaranya, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Sains dan Teknologi.
Pihaknya pun saat ini telah mempersiapkan tenaga pengajar dosen dan kepengurusan sebagai pendukung pendirian universitas.

Rencananya, dalam setahun ke depan Persis akan melengkapi layanan lain termasuk di bidang kesehatan. Persis merencakan pada 2015 diharapkan sebuah rumah sakit Persis hadir melengkapi pelayanan Persis kepada umat Islam.

0 komentar:

Posting Komentar