Sabtu, 18 Mei 2013

Majalah Di Prancis Menerbitkan Komik Tentang Nabi Muhammad S.A.W


Umat Islam di belahan bumi kembali akan marah diakibatkan sebuah majalah di Prancis merilis edisi khusus nabi. Majalah yang berbentuk seperti komik ini berisi kartun biografi.

Isinya menceritakan tentang kehidupan nabi Muhammad SAW. Majalah minguan tersebut mengeluarkan cerita berseri berjudul 'Hidup Muhammad'.


Kontennya dibuat berdasarkan teks-teks yang ditulis oleh para komentator muslim dan dijamin tidak akan ada karikatur atau sindiran terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Ini merupakan sebuah biografi resmi yang diedit langsung oleh umat Islam," ujar penerbitan majalah Charlie Hebdo dan Charb dari bagian ilustrator komik kepada AFP, seperti dikutip dari lamanonislam.net, Senin (31/12). Charb mengatakan, biografi tersebut akan dipublikasikan pada Rabu (2/1).

Isiannya akan disatukan oleh seorang peneliti dari Franco-Tunisia yang dikenal bernama Zineb. Majalah Prancis ini mengungkapkan bahwa seri yang baru ini tidak akan mengundang kemarahan umat Islam.

Al-Azhar, tempat belajar dunia Islam tertinggi, mengeluarkan fatwa pada bulan Ramadhan lalu, yakni penggambaran nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dilarang. Senada dengan Al-Azhar, Arab Saudi Dar Al-Ifta, Pusat Hukum Kerajaan dan Penelitian Islam juga mengeluarkan fatwa yang sama.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pada september lalu Prancis menerbitkan majalah mingguan dengan menampilkan seorang pria tanpa busana. Pria tersebut dikatakan Nabi Muhammad SAW. Tidak lama berselang, sebuah film yang menghina nabi juga dibuat oleh seorang Amerika. Menghina nabi sama saja menghujat umat Islam.

Prancis merupakan negara dengan penduduk muslim yang minoritas. Muslim Prancis juga mengeluh dengan adanya pembatasan kebebasan beragama bagi mereka. Tahun 2004 lalu, Prancis bahkan melarang penggunaan hijab bagi para muslimah di tempat umum. Bahkan beberapa negara Eropa lainnya mengikuti jejak Prancis ini.

Dan hari ini Rabu 02/01/2013, serial pertama komik biografi Nabi Muhammad SAW telah tersedia di situs Charlie Hebdo.

Majalah satir asal Prancis itu mengklaim isi komik dijamin ‘halal’ karena ditulis berdasarkan tulisan ilmuwan dan sejarawan Muslim tentang kehidupan Nabi Muhammad. Seperti tertulis dalam situsnya charliehebdo.fr, serial pertama sudah tersedia dengan judul ‘Kehidupan Nabi - Bagian Pertama - Awal dari Nabi’. Covernya gambar seseorang sedang menuntun seekor onta di padang pasir.

Dalam kata pengantarnya, Charlie Hebdo memulai dengan sebuah pertanyaan siapakah Muhammad. ‘’Siapakah Muhammad? Untuk semua orang. Dia tentu saja adalah nabi umat Muslim. Tetapi bagi orang lain, dia adalah tokoh sejarah atau bahkan sebuah legenda. Karikatur Muhammad seperti kita karikatur Yesus, Napoleon atau Zorro,’’ tulis Charlie Hebdo dalam kata pengantarnya.

Charlie Hebdo akhirnya menutup kata pengantarnya dengan sebuah kesimpulan bahwa isi komiknya ‘halal’. Karena, mereka mengklaim isi ceritanya didasarkan pada tulisan tentang kehidupan Nabi Muhammad yang ditulis oleh sejarawan dan ilmuwan Muslim.

‘’Kami menempatkan gambaran kehidupan Muhammad yang diceritakan umat Muslim. Tidak ada humor ditambahkan. Jika bentuk tampaknya menghujat, latar belakang sempurna halal...’’ Rencana penerbitan komik sempat menimbulkan kekhawatiran. Karena, Charlie Hebdo selama ini suka menerbitkan gambar kartun satir yang diasosiasikan sebagai Nabi.

sumber : ROL

0 komentar:

Posting Komentar