Sabtu, 18 Mei 2013

Perhiasan Yang Paling Indah


Kecantikan adalah anugerah dari Allah swt, dan banyak dari kaum hawa yang berlomba-lomba untuk mendapatkan hal itu, terutama kecantikan fisik. Tentu maksud mereka bervasiasi, seperti ingin dilirik, diperhatikan, dan disorot orang, atau sangat mungkin mereka ingin mengamalkan ajaran Islam yang mencintai keindahan. Tentu saja hal itu kembal ke niat awal mereka.


Fenomena yang marak sekarang ini adalah banyak wanita yang berusaha mempercantik dirinya dengan cara merubah bentuk fisik aslinya, misalnya saja operasi plastik, mengerik alis, bahkan memakai kawat gigi untuk kebutuhan fashion.  Bukan hanya itu, sekarang ini banyak sekali variasi model jilbab/kerudung yang pas untuk mengikuti kebutuhan fashion wanita. Seakan semua itu menjadi tanda bahwa kecantikan fisik adalah segala-galanya. Dan apakah kecantikan fisik menjadi tujuan utama mereka? Bagaimana dengan kecantikan hati (inner beauty)? Apakah mereka tak mau mencari ridho Allah swt dengan mengedepankan kecantikan hati ini? Apakah mereka tidak mau mengutamakan kecantikan hati ini untuk mencari akhirat yang dijanjikan Alloh swt yang sangat kekal? Ataukah mereka hanya mencari kesenangan duniawi saja? Ataukah mencari perhatian makhluk ciptaan Alloh swt saja?

Seharusnya kita mencari akhirat, mencari ridho Alloh swt, menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Dengan cara memakai pakaian yang sopan, enak dipandang, dan tak mengundang kemadharotan. Dengan cara sederhana dalam memakai pakaian, turunkanlah jubbah/hijab sampai kaki dan yang boleh terlihat hanya telapak tangan – muka. Bukankah sudah jelas bahwa wanita itu adalah perhiasa paling indah. Dalam hadits Nabi saw dinyatakan beliau bersabda:

“Dunia adalah perhiasan dan perhiasan dunia adalah wanita yang sholehah.” (HR muslim, Ibnu Majah, dan Imam An-Nasa’i)

Betapa indahnya jikalau para wanita yang senantiasa menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya meskipun susah, yang secara terus-menerus pantang menyerah berusaha untuk mencapai derajat sholehah. Sehingga menyadari bahwa mereka adalah sebuah perhiasan yang paling indah.

Semoga uraian di atas bisa memotivasi kita untuk selalu bermuhasabah (introspeksi diri), untuk menjadi yang lebih baik. Semoga Alloh swt senantiasa menaungi dan menjaga orang-orang yang berjihad di jalan-Nya.

Wassalaamu ‘Alaikum wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar